Berita

Selasa, 04 Mei 2021 16:57

KPU Maluku Utara Sosialisasikan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan 2021

 

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara (KPU Malut) melakukan sosialisasi Surat Ketua KPU Republik Indonesia Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tertanggal 21 April 2021 tentang perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/II/2021 perihal  Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 pada Selasa (4/5) di Rumah Pintar Pemilu Sekretariat KPU Malut. Rapat dibuka oleh Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat.

Sosialisasi dilakukan oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Malut, Reni Syafrudin A. Banjar dan  dihadiri Anggota KPU Provinsi Safrina Rahma Kamaruddin. Sosialiasi dilakukan secara dalam jaringang (daring) melalui aplikasi Zoom yang diikuti  oleh 10 KPU Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Malut. Peserta terdiri dari Ketua KPU Kabupaten/Kota dan Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, serta Operator Aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih).

"KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota wajib melaksanakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB), KPU Kabupaten/Kota secara internal merekap hasil PDPB setiap bulannya dan melakukan Rapat Koordinasi bersama stakeholders setiap tiga bulan, KPU Kabupaten/Kota diminta untuk memaksimalkan media sosial sebagai media sosial PDPB, begitu pula masyatakat dapat berperan aktif dalam memberi masukan dan tanggapan terkait Pemilih Pemula, Pemilih telah meninggal dunia maupun pemilih yang berubah status menjadi TNI/Polri atau sebaliknya telah pensiun. KPU Kabupaten/Kota dapat bekerjasama dengan instansi terkait seperti Diknas/sekolah-sekolah untuk mendapatkan data pemilih pemula, maupun kerjasama dengan TNI/Polri", ujar Reni.

“Data yang telah dimutakhirkan oleh KPU telah berkualitas dan dapat dipercaya oleh lembaga lain. Data KPU kini bukan hanya untuk keperluan Pemilu namun juga untuk keperluan vaksinasi Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan dan penyaluran bantuan UMKM oleh Kemenkop UKM.” ujar Reni. Selain itu ia juga berpesan agar KPU Kabupaten/Kota agar tetap berkoordiasi dengan stake holders didaerah seperti Partai Politik, Badan Pengawas Pemilu, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (Hupmas-SA)

Baca 28 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini0
Pekan ini0
Bulan ini28
Total21562
17-05-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.