Berita

Sabtu, 01 Mei 2021 09:50

PSU di Halut Tanpa Aral Melintang



Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), Rabu (28/4), berlangsung aman dan tertib. Pemungutan Suara Ulang (PSU) itu diselenggarakan di empat lokasi berbeda.

Sekedar diketahui, Kabupaten Halut yang turut dalam gala akbar pemilihan serentak Tahun 2020, terpaksa harus molor dari jadwal tahapan nasional yang dirancang Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Tertundanya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halut menyusul adanya sengketa. Yakni, sengketa perselisihan pilkada yang dibawa ke meja Mahkamah Konstitusi (MK). MK lantas menganulir hasil pilkada di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Halut.

Empat TPS tersebut masing-masing: TPS 2 di Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk; TPS 1 di Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara; TPS 7, di Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo; serta TPS khusus di lingkungan perusahaan tambang emas, PT. Nusa Halmahera Mineral (NHM), di Kecamatan Kao.

Rabu (28/4), KPU Halut telah melaksanakan amanat putusan MK tersebut. Dalam pelaksanaan PSU, KPU RI menerjunkan sejumlah timnya. Anggota KPU RI,Hasyim Asy'ari, bersama Deputi Bidang Dukungan Teknis Sekretariat KPU Pusat, Eberta Kawima, memantau secara langsung jalannya PSU.



Sementara itu, pada Jum'at (30/4), KPU Halut menggelar rapat pleno. Pleno rekapitulasi hasil PSU ini, digelar secara terbuka di Hotel Kita, di Kota Tobelo, Kabupaten Halut. Hasil rekapitulasi dibacakan oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Sefriando Bitakono.

Dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, baik hasil PSU maupun hasil penetapan lainnya yang tak dianulir MK, pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Ir. Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi meraup suara sebanyak 50.743. Sementara paslon nomor urut 2, Joel B. Wagono-Said Bajak, hanya mendulang 50.377 suara.

Setidaknya, PSU di Halut berjalan aman lancar dan sukses, dengan menerapkan protokol kesehatan.(ZD)

Baca 64 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini0
Pekan ini0
Bulan ini28
Total21562
17-05-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.