Berita

Rabu, 21 April 2021 09:57

KPU MALUT SUPERVISI DAN MONITORING PLENO DPT PSU DI HALUT

 

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara (Malut) melakukan supervisi dan monitoring pelaksanaan Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara 2020.

Rapat pleno dilaksanakan di Hotel Kita Tobelo pada Selasa, 20 April 2021. Rapat dihadiri oleh KPU Kab. Halmahera Utara, KPU Provinsi Malut, Bawaslu Kabupaten Halmahera Utara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Halmahera Utara, Pimpinan PT. Nusa Halmahera Mineralsn (NHM), perwakilan tim pemenangan masing-masing calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara.

Dalam rangka melaksanakan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 57/PHP.BUP-XIX/2021, KPU Provinsi Malut memastikan bahwa KPU Kabupaten Halmahera Utara telah melakukan pencermatan Daftar Pemilih Tetap, Daftar Pemilih Tambahan, dan Daftar Pemilih Pindahan pada 4 (empat) Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni di TPS 001 dan TPS 002 Desa Supu, Kec. Loloda Utara; TPS 007 Desa Rawajaya, Kec. Tobelo; dan TPS 002 Desa Tetewang Kec. Kao Teluk. Selain pada empat TPS tersebut, KPU Kabupaten Halmahera Utara juga telah melakukan pencermatan data karyawan PT. NHM yang berstatus penduduk Kabupaten Halmahera Utara namun belum memilih pada 9 Desember 2020 untuk ditetapkan sebagai DPT untuk PSU yang akan dilaksanakan pada 28 April 2021 mendatang.

Jumlah total DPT untuk PSU pada empat TPS dan TPS khusus di lingkungan PT. NHM telah ditetapkan sebanyak 2.100 pemilih dengan rincian 1.256 pemilih laki-laki dan 844 pemilih perempuan. “Pleno DPT merupakan tahapan yang penting dalam PSU ini dan KPU Halmahera Utara telah bekerja secara transparan serta menerima masukan dari Bawaslu maupun Pasangan Calon 01 dan 02.” Ujar Anggota KPU Provinsi Malut Bidang Teknis, Buchari Mahmud.

Sejumlah aparat keamanan gabungan dari POLRI-TNI turut mengamankan jalnnya rapat pleno tersebut. Meskipun pada saat rapat pleno terjadi aksi demonstrasi oleh Koalisi Masyarakat Peduli Demokrasi Halmahera Utara di luar hotel, namun proses rapat pleno tersebut berjalan dengan lancar. (Hupmas-SA)

Baca 37 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini0
Pekan ini0
Bulan ini28
Total21562
17-05-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.