Berita

Sabtu, 27 Maret 2021 14:55

DPB Malut Triwulan I 553.216

malut.kpu.go.id. Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) belum tuntas. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) bergegas merampungkan DPB Triwulan I Tahun 2021. Pada Ju'mat (26/3), KPU Malut menggelar rapat koordinasi (rakor) rekapitulasi DPB.

Rapat ini  Secara daring di Sekretariat KPU Malut, di Jalan Anggrek Nomor 9, Lingkungan Dakomib, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate. Rakor tersebut dipimpin Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat.

Pertemuan melalui aplikasi zoom meeting ini dihadiri pula sejumlah stakeholder,16 partai politik selain KPU kabupaten dan kota. Kecuali, KPU Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dan KPU Kota Ternate--dimana masih tengah sibuk merampungkan penetapan pemenang pilkada--usai sidang putusan di Mahkamah Konstitusi.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU, Pudja Sutamat, memberikan apresiasi yang tinggi kepada stakeholder (elemen masyarakat) yang selalu pro aktif dalam helatan pesta demokrasi.

Menurut Pudja, masukan dari stakeholder sangat penting dalam pengembangan data base. "Informasi dari stakeholder sangat penting sebagai dasar penyusunan data. Dan juga merupakan jawaban dari problem pada pilkada (pemilihan kepala daerah-RED) serentak 2020," tutur Pudja Sutamat, saat membuka rapat koordinasi itu.

Pudja kembali menegaskan bahwa KPU tak berdiri sendiri. "Tanpa ada dukungan dan masukan berupa informasi dari masyarakat maka mustahil segalanya dapat terlaksana dengan lancar," ungkapnya.

Ketua KPU Malut lalu menyatakan, peran stakeholder sangatlah penting dalam menopang hajatan demokrasi mulai dari proses awal hingga pada hari H. "Untuk itu, segala masukan dari stakeholder adalah important, selalu menjadi catatan penting bagi kami," tegas Pudja.
Rekapitulasi data pemilih berkelanjutan (DPB) untuk provinsi Maluku Utara yang tersebar di 10 kabupaten dan kota pada triwulan I tahun 2021 adalah dengan jumlah sebanyak 553.216 yang terdiri dari pemilih laki laki berjumlah 279.988 dan pemilih perempuan 273.228. (Hupmas-Zd)

Baca 22 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini2
Pekan ini2
Bulan ini17
Total21490
12-04-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.