Berita

Sabtu, 13 Februari 2021 11:58

Sirekap Dievaluasi KPU Malut

 

Malut,kpu.go.id--Sistim Informasi Rekapitulasi (Sirekap) adalah perangkat aplikasi pendukung terbaru yang diluncurkan di lembaran penutup di bulan Oktober setahun nan lampau. Aplikasi ini boleh dibilang cukup efektif dalam mencegah khalayak berkerumun di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Artinya, Sirekap dapat meminimalisir kontak fisik antara petugas pemilu beserta pemilih dan peserta pemilu.

Sirekap juga disebut-sebut lebih efektif dalam melakukan proses penghitungan. Karena, data fisik berupa formulir C1 plano dapat dikonversi menjadi data elektronik.

Sekedar diketahui, aplikasi Sirekap telah digunakan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020. Dan, terbukti cukup efektif di masa pasca pandemi Covid-19. Tak tampak kerumunan saat proses penghitungan dilakukan pihak penyelenggara.

Walau begitu bukan berarti Sirekap tak memiliki kekurangan. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) melakukan evaluasi terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Pada Jum'at (12/2), KPU Malut menggelar rapat evaluasi Sirekap.

Kegiatan ini diselenggarakan di Safirna Transito Hotel Ternate. Seluruh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Operator Sirekap di Sekretariat KPU di delapan kabupaten dan kota (peserta pilkada serentak 2020-Red), hadir dalam rapat evaluasi ini.

Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat, mengatakan, evaluasi Sirekap dilakukan semata-mata untuk menyiapkan perangkat dan tata kelola secara baik. "Sehingga tidak ada missed tata kelola (miss management)," ujar Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat, saat membuka rapat evaluasi, itu.

Pudja Sutamat sangat menaruh harap kepada KPU kabupaten dan kota yang sudah pernah mengoperasikan aplikasi Sirekap. Diketahui, dari sepuluh wilayah yang ada di pemerintahan Provinsi Malut, hanya delapan daerah yang turut dalam pilkada serentak 2020.

Untuk itu, Pudja menjelaskan, evaluasi merupakan bagian penting dari suatu program. Tentunya, lanjutnya, evaluasi dapat menginventarisir permasalahan. Dia menambahkan, hal-hal yang diprioritaskan penting harus diusulkan.

"Semua masukan dituangkan dalam  DIM (Daftar Inventaris Masalah-Red), sehingga nantinya pemilu 2024 tidak ada masalah lagi. Artinya, jauh hari sudah disusun bagaimana strategi, inovasi, dan kreasi, sehingga apa yang diharapkan bersama bisa tercapai," pungkas Pudja Sutamat. (ZD)

Baca 15 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini1
Pekan ini8
Bulan ini76
Total21387
25-02-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.