Berita

Kamis, 21 Januari 2021 07:59

DKP Akan Amankan Dokumen KPU Malut

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Provinsi Maluku Utara (Malut), Selasa (19/1), menyambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut, di Jalan Anggrek Nomor 9, Lingkungan Dakomib, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Itu merupakan kunjungan kerja perdana DKP Malut di KPU Malut di tahun ini. Dalam lawatan resmi itu, DK melakukan koordinasi terkait penataan sejumlah dokumen negara yang perlu untuk diamankan alias diarsipkan.

Sebab, hal tersebut telah tertuang dalam surat edaran bersama yang terbit di tahun 2006 nan lampau. Di surat KPU yang bernomor 03/SEB/KPU/2006, maupun surat DKP yang bernomor KN.00/02/36/2006, disebutkan tentang penataan, penyelamatan, pelestarian, dan pengaksesan arsip dokumen bimbingan teknis dan supervisi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Untuk itu, dalam kunjungan kerja tersebut, DKP Malut menawarkan kerjasama dalam rangka pengarsipan dokumen negara. Artinya, seluruh dokumen penting yang ada di KPU bakal diamankan di pusat arsip nasional. Tawaran tersebut disambut baik KPU Malut.

"Apresiasi yang tinggi kami (KPU-Red) haturkan kepada Dinas Kearsipan Malut, karena telah berinisiatif untuk mengamankan dokumen negara demi kelestarian dokumen tersebut sebagai arsip nasional," ujar Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat, saat tatap muka dengan delegasi dari Dinas Kearsipan Malut.

Setidaknya tawaran kerjasama untuk mengamankan lembaran-lembaran negara yang ada di KPU, cukup penting. Mengingat, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pernah kecolongan pada Pemilu 1999. Dimana data hasil Pemilu tersebut tak sempat diarsipkan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyampaikan, ada satu program khusus yang akan digulir dalam waktu dekat. Yakni, perlombaan penataan arsip terbaik. Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Malut disebut wajib mengikuti lomba tersebut. (Hupmas -ZD)

Baca 39 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini1
Pekan ini8
Bulan ini76
Total21387
25-02-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.