Berita

Kamis, 21 Januari 2021 07:54

Gugatan PHP Delapan Daerah di Malut Diterima MK

 

Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, masih berlanjut di lembaran baru tahun 2021. Tersisa masa sanggah dan penetapan pemenang sekaligus pelantikan yang belum dilaksanakan.

 Dari 270 daerah peserta Pilkada Serentak Tahun 2020, sebagian besar mengajukan keberatan. Mahkamah Konstitusi (MK) praktis sibuk menginventarisir materi gugatan dari sejumlah pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Serentak itu.

Di Provinsi Maluku Utara (Malut), misalnya. Delapan daerah di sana yang ikut meramaikan Pilkada Serentak, seluruh paslonnya mengajukan keberatan ke MK. Dan, informasi yang diperoleh dari MK, seluruh gugatan pemohon (para Paslon-Red) diterima.

Artinya, sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) untuk delapan daerah di Malut, bakal disidangkan di MK. Delapan daerah tersebut masing-masing: Kabupaten Halmahera Barat; Kabupaten Halmahera Utara; Kabupaten Halmahera Selatan; Kabupaten Halmahera Timur; Kabupaten Kepulauan Sula; Kabupaten Pulau Taliabu; Kota Ternate; dan Kota Tidore Kepulauan.

Rencananya, sidang PHP akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Itu menyusul banyaknya pemohon yang memasukkan gugatan, maka sidang bakal dilaksanakan secara gelondongan oleh MK.

Sejauh ini, pihak KPU telah siap sedia menghadapi sidang-sidang yang akan digelar di MK. "Kita ikuti mekanisme saja. Keberatan pemohon sah-sah saja, karena itu merupakan bagian dari tahapan pemilu. Apapun keputusan sidang di MK, itulah acuan kita sebagai penyelenggara," kata Komisioner KPU Malut yang juga Ketua Divisi Hukum KPU Malut, Mohtar Alting, Rabu (20/1). (HUPMAS-ZD)

 

 

 

Baca 908 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari Ini1
Pekan ini8
Bulan ini76
Total21387
25-02-2021

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2021 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.