Berita

Sabtu, 20 Jun 2020 23:34

KPU Malut Gelar Pleno DPB Triwulan II

Ternate, malut.kpu.go.id-- Pleno pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), Senin (15/6) lalu, digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut). Ini adalah kali kedua setelah pada Selasa, 14 April 2020 yang silam, telah dilaksanakan pleno triwulan pertama. Rapat pleno ini dilakukan secara virtual.

Selain KPU Provinsi, dua KPU setingkat di bawahnya juga terlibat dalam tatap muka resmi di jaringan internet itu. Di antaranya, KPU Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dan KPU Kabupaten Pulau Morotai. Selain ketua dan anggota KPU kabupten, sejumlah staf sekretariat turut pula mengikuti rapat tersebut. Yakni, para Kepala Sub Bagian (Kasubbag) serta operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) di dua KPU kabupaten tersebut.

received 249738639542466

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Malut, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Malut, tak ketinggalan dalam pleno melalui konferensi video itu. Rapat secara daring ini dibuka oleh Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat. Dalam tatap muka via layar monitor komputer maupun gadget itu, Pudja Sutamat berharap pemutakhiran data pemilih kian berkualitas dari sebelumnya. Tentunya, kata Pudja Sutamat, dengan melakukan sejumlah inovasi agar data pemilih bersih dari data ganda maupun identitas yang tidak lengkap.

Hasil pemutakhiran DPB untuk triwulan II (dua) ini dibacakan masing-masing Ketua KPU kabupaten. Perlu diketahui, pada pleno rekapitulasi triwulan I (satu), jumlah DPB untuk Kabupaten Halteng adalah 34.978 jiwa. Dan, untuk Kabupaten Pulau Morotai yakni 47.778 jiwa. Sementara data terbaru yang dirilis pada pleno triwulan II, terjadi penurunan angka jiwa pilih. Kabupaten Pulau Morotai merosot menjadi 47.618 jiwa pilih, sedangkan jiwa pilih Kabupaten Halteng di angka 34.940. Jadi, anjloknya jiwa pilih di dua kabupaten ini mencapai 198 orang.

Hadir dalam pleno, Masita Nawawi Gani (Bawaslu), Iksan (Disdukcapil Provinsi Malut) dan seluruh komisioner KPU Malut. (ZD/FM/*)

Baca 111 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari ini 1

Pekan ini 8

Bulan ini 6

Total 11514

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2020 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.