Berita

Sabtu, 20 Jun 2020 23:29

KPU Malut Sosialisasi PKPU Pemilihan Serentak 2020

Ternate, malut.kpu.go.id -- Sukses melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menghadapi hajatan pesta demokrasi yang tak kalah besar di penghujung tahun ini, 9 Desember 2020 di 270 daerah. Namun, KPU justru diperhadapkan dengan sejumlah masalah krusial yang tengah menerpa dunia. Yaitu wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menjadi pandemi.

Pemilihan yang awalnya dijadwalkan Rabu, 23 September 2020, mengalami penundaan karena pandemi Covid-19 dilaksanakan Rabu, 9 Desember 2020.

Dalam fase new normal KPU mulai menggelar sosialisasi. Hanya saja, tak seperti pemilu atau pemilihan sebelumnya, sosialiasi di tahun ini menggunakan metode teknologi informasi. Sosialisasi yang dilakukan secara daring itu memang tak dapat menjangkau seluruh kalangan pemilih.  

Rabu (17/6) KPU Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar sosialisasi melalui konferensi video. Dalam sosialisasi tersebut KPU Malut menyampaikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

wwwwww

Kegiatan ini melibatkan pemangku kepentingan dan hampir seluruh kalangan. Di antaranya. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bawaslu Malut, Ombudsman Malut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malut, unsur akademisi, seluruh partai politik (parpol), insan pers, lembaga swadaya masyarakat, serta seluruh instansi terkait.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat dan dipandu anggota KPU Malut Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Safrina R Kamaruddin. Turut mendampingi rekan komisioner Buchari Mahmud, Reni SA Banjar, Mohtar Alting yang nampak di layar monitor. Buchari Mahmud, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan tampil memaparkan sejumlah materi tahapan penting pemilihan dan menjelaskan banyak hal terkait PKPU. Terutama soal teknis penyelenggaraan pemilihan berkelanjutan di tengah pandemi Covid-19.

qqqqq

Sementara Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin dalam forum tersebut mengusulkan agar KPU bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Muksin Amrin menginginkan untuk penyelenggara secara berjenjang, baik di jajaran KPU maupun Bawaslu ada kemudahan akses ke seluruh wilayah pemilihan. Karena, menurutnya, ini penting dalam menghadapi pandemi corona agar seluruh tahapan berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang ketat tidak mengalami kendala. 

“Hasil diskusi ini akan dijadikan acuan atau pedoman bagi KPU dalam menjalankan tahapan, program, dan jadwal pemilihan lanjutan tahun 2020. Yang utama adalah masalah keselamatan. Maka dari itu, tetap menjaga kesehatan masing-masing. Kita harus optimis menjalankan tahapan,” jelas Ketua KPU Malut Pudja Sutamat, menutup kegiatan tersebut. (ZD/FM/*)   

 

Baca 95 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari ini 1

Pekan ini 8

Bulan ini 6

Total 11514

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2020 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.