Berita

Senin, 08 Jun 2020 15:17

Dua Agenda dalam Rakor Virtual KPU Malut

Rapat Datin 2

 

Ternate, malut.kpu.go.id --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali menyelenggarakan rapat virtual. Dalam tatap muka secara online melalui akses internet itu, KPU seluruh kabupaten dan kota di sana turut dilibatkan.

Pertemuan melalui video conference yang diselenggarakan pada Jumat (5/6) ini, membahas tentang dua agenda terkait pemilihan berkelanjutan tahun 2020. Yakni, soal pemutakhiran data pemilih serta perencanaan anggaran.

Rapat koordinasi secara daring ini dipimpin Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat. Bersama Anggota KPU Malut H. Buchari Mahmud, Reni S.A. Banjar, Safrina Rahma Kamaruddin tampak hadir dilayar monitor, meski dari lokasi yang berbeda,

sedangkan Mohtar Alting ada kendala teknis berhalangan hadir. Sekretaris KPU Malut, Mukmin Buamona juga turut serta dalam tatap muka itu.

Sementara untuk KPU kabupaten/kota, seluruh ketua dan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi hadir. Selain itu, seluruh sekretaris dan operator sistem data pemilih (sidalih).

Rapat virtual ini menghadirkan Kepala Biro Perencanaan dan Data KPU RI Sumariyandono bersama dengan Kepala Bagiannya yang langsung diarahkan oleh Divisi Perencanaan,

Data dan Informasi KPU Malut Reni S.A. Banjar Kepala Biro KPU RI menjelaskan tentang perencanaan anggaran pada pemilihan lanjutan tahun 2020.

Untuk anggaran pemilihan lanjutan apabila tahapan sudah dimulai masih terkendala dengan anggaran, KPU kabupaten/kota bisa membuat berita acara kesanggupan daerah apabila tidak bisa memenuhi anggaran tersebut.

Karo Perencanaan dan Data menaruh harapan kepada KPU kabupaten/kota agar sangat berhati-hati dalam pencermatan anggaran dan pengadaan kebutuhan protokol kesehatan.

Kepala Bagian Datin KPU RI Andre Putra menjelaskan tentang teknis pemutakhiran data pemilih hasil rapat dengar pendapat (RDP) 3 Juni 2020. Andre menambahkan, KPU RI telah menyerahkan sepenuhnya pemutakhiran data kepada KPU kabupaten/kota.

Artinya, berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, di mana KPU RI yang menyiapkan data pemilih untuk selanjutnya diserahkan ke kabupaten/kota melalui KPU provinsi untuk dilakukan pencocokan dan penelitian (secara by name by address).

Selain itu, perencanaan anggaran pemilihan berkelanjutan juga dibahas secara intensif. Anggaran pengadaan kebutuhan alat pelindung pada setiap tahapan pemilihan lanjutan, karena untuk kebutuhan ini masih masih sementara direvisi.

Tak hanya itu. Alat penunjang kesehatan juga dibahas untuk dianggarkan. Artinya, seluruh protokol dan prosedur penetapan protokol kesehatan Covid-19, harus dilaksanakan. Karena, wabah tersebut masih mendera di Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di Malut.  

Tatap muka melalui aplikasi zoom itu berlangsung kurang lebih tujuh jam. Dua agenda penting yang dibahas setidaknya telah tuntas untuk dilaksanakan.

Keesokan harinya, Anggota KPU RI Viryan hadir dalam kunjungan kerja dan silaturami via zoom juga membahas kesiapan pemilihan di delapan KPU kabupaten dan kota, termasuk dua kabupaten yang tidak ada pemilihan.

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama memakai masker masing-masing guna mendukung Gerakan Pakai Masker. (ZD/FM/*)

Baca 97 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari ini 1

Pekan ini 8

Bulan ini 6

Total 11514

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2020 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.