Berita

Sabtu, 30 Mei 2020 19:46

KPU Malut Konsolidasi Pemilihan Lanjutan 2020

KPU Malut Konsolidasi Pemilihan Lanjutan 2020

WhatsApp Image 2020 05 30 at 14.37.41

Ternate, malut.kpu.go.id --- Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menyetujui hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari H Pemilihan serentak di 270 daerah.

Usai penetapan jadwal hari pencoblosan serta rapat dengar pendapat terhadap Draft Peraturan KPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan serentak 2020 oleh DPR RI, pihak penyelenggara tentu harus bekerja ekstra keras. Karena sejumlah tahapan praktis mengalami perubahan, terutama soal metodenya.

Sesuai rancangan Peraturan KPU pada tanggal 15 Juni 2020 tahapan harus dilanjutkan kembali. Yang paling awal adalah pengaktifan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungut Suara. Setelahnya, melaksanakan verifikasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan dan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk coklit.

Untuk persiapan tahapan dilanjutkan kembali setelah dihentikan sementara, KPU Provinsi Maluku Utara (Malut) langsung menggelar rapat dengan delapan KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pemilihan (Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Halmahera Utara, Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu).

KPU Malut juga mengundang dua kabupaten (Pulau Morotai dan Halmahera Tengah) untuk memperbarui perkembangan daftar pemilih berkelanjutan triwulan kedua. Seluruh Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU kabupaten dan kota di Provinsi Maluku Utara turut serta dalam rapat virtual itu.

WhatsApp Image 2020 05 30 at 14.37.31

Rapat yang dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom ini, dipimpin Ketua KPU Malut, Pudja Sutamat. Anggota KPU Malut lainnya juga turut hadir dalam tatap muka di masing-masing layar monitor komputer dan smartphone. Termasuk Sekretaris, Kabag dan Kasubbag KPU Malut, beserta seluruh jajaran KPU kabupaten dan kota mulai dari komisioner hingga sejumlah staf penting, ikut serta dalam tatap muka online tersebut.

Pembahasan dalam pertemuan tersebut di antaranya, kesiapan sumber daya manusia, pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS), penyesuaian anggaran terkait protokol kesehatan, hingga pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Menurut Ketua KPU Pudja Sutamat, dengan adanya situasi pandemi Covid-19 maka jumlah TPS kemungkinan akan dikurangi, agar tidak terjadi penumpukan antrean calon pemilih. Dia mengingatkan kepada setiap satuan kerja agar menyiapkan secara baik sambil menunggu Peraturan KPU yang baru tentang tahapan Pemilihan tahun 2020.

Buchari Mahmud, Divisi Teknis Penyelenggaraan menjelaskan, untuk tahapan pencalonan perseorangan jadwal verifikasinya masih menunggu perubahan dari KPU RI. “Setiap pelaksanaan tahapan secara teknis ada panduan protokol kesehatan dari KPU. Ini sebagai pedoman bagi PPK dan PPS yang sudah diaktifkan dalam menjalankan tugasnya,” tambah Buchari.

Reni SA Banjar mengatakan, Selain rancangan anggaran akan mengalami perubahan pasca Covid-19, untuk coklit data pemilih, KPU RI merencanakan sebuah inovasi coklit akan dilakukan melalui aplikasi electronic coklit (e-coklit) data pemilih. “Melalui e-coklit masyarakat bisa mengisi datanya sendiri. Hanya saja, ini merupakan hal baru maka dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Reni SA Banjar yang mengampuh Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

Terkait pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, Safrina Rahma Kamaruddin, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM menjelaskan akan ada petunjuk teknis yang akan dikeluarkan oleh KPU RI. “Sambil menunggu juknis diharapkan kepada KPU kabupaten dan kota agar mempersiapkan diri dari sekarang. Sedangkan untuk sosialisasi lebih ke edukasi terkait dengan pencegahan Covid-19 pada pemilihan mendatang. Dalam memberikan informasi harus disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU RI sehingga tidak menimbulkan polemik,” terang Safrina.  

Dalam kesempatan akhir rapat persiapan pemilihan lanjutan tahun 2020 itu, Pudja Sutamat meminta seluruh jajarannya, baik di provinsi hingga kabupaten dan kota, agar fokus bekerja pada seluruh proses tahapan. (ZD/FM/*)

Baca 256 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di Provinsi Maluku Utara

Alamat: Jl. Anggrek, No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon: (0921) 3125957

Pengunjung

Hari ini 1

Pekan ini 8

Bulan ini 6

Total 11514

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2020 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.