KPU Malut Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Parpol

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, malut.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara Senin (02/10) kemarin menggelar Sosialisasi tata cara pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (parpol) peserta Pemilu tahun 2019. Sosialisasi tersebut bertempat di Muara Hotel Jl Merdeka No 19, Ternate di kawasan bisnis Muara Group, yang di buka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara Syahrani Somadayo yang didampingi oleh empat Komisioner lainnya, yakni Pudja Sutamat, Kasman Tan, Buchari Mahmud dan Safri Awal. Hadir juga Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin, serta sejumlah pengurus partai politik yang baru dan yang lama (peserta pemilu 2014).

“KPU akan berikan pencerahan terkait sosialisasi tata cara pendaftaran verifikasi hingga penetapan parpol yang menjadi peserta pemilu”, jelas Ketua KPU Malut di sela-sela pembukaan acara sosialisasi.

Syahrani menambahkan verifikasi parpol ini bertujuan untuk melaksanakan pendaftaran serta penelitian administrasi berkas pemilu bagi partai politik yang menjadi calon peserta pemilu di wilayah Provinsi Maluku Utara. Menurutnya, jika ditemukan pengurus terdaftar di partai baru namun masih aktif sebagai pengurus lama nantinya akan diverifikasi tersendiri.

Materi sosialisasi tentang tata cara pendaftaran dan verifikasi parpol peserta pemilu 2019 dipaparkan secara detail oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara Buchari Mahmud yang membidangi Divisi Hukum yang dilanjutkan dengan tanya jawab dari para peserta sosialisasi, dalam hal ini pengurus partai politik yang hadir dan dipandu langsung oleh komisioner Pudja Sutamat.

Berbicara tentang fungsi dan peran Bawaslu pada proses pendaftaran dan verifikasi parpol, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin mengatakan,”bahwa ada dua kewenangan untuk Bawaslu pada proses pendaftaran dan verifikasi parpol yakni mengawasi ketaatan dan mengawasi prosedur untuk parpol baru”.

“Pendaftaran partai calon peserta pemilu akan dimulai tanggal 3-16 Oktober 2017 dan dilakukan di KPU pusat menggunakan aplikasi sistem informasi partai politik, SIPOL”, kata Ketua KPU Provinsi Malut Syahrani Somadayo. Ketua KPU Malut berharap para pengurus partai politik bisa mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan demi kelancaran setiap tahapan Pemilu. (ZD/tim-hupmas/kpu-malut)

Read 247 times

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

link kpu
link bawaslu
link dkpp
link mk 5
ppid