Dua Zona untuk Rapat Umum Pemilu 2019

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, malut.kpu.go.id - Rapat koordinasi (rakor) kembali digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut), Senin (18/3), di Batik Hotel, di Jalan Kapitan Pattimura, Kota Ternate. Rapat ini membahas tentang jadwal kampanye rapat umum dan iklan pemilu Tahun 2019, bagi peserta Pemilu Tahun 2019.

Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo, yang memimpin rapat tersebut didampingi Komisioner Pudja Sutamat, Kasman Tan, serta Buchari Mahmud. Turut hadir Bawaslu Malut sebagai nara sumber. Enam belas (16) partai politik (parpol), calon anggota DPD Pemilu 2019, perwakilan Kepolisian Daerah (Polda) Malut, dan Ketua Komisi Penyiaran Independent Indonesia (KPII) Malut, pula ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Sesuai kesepakatan KPU RI dengan partai politik dan KPU Provinsi seluruh Indonesia, kampanye rapat umum Pemilu 2019 dibagi dalam dua zona yang terdiri zona A dan B,” kata Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo, di sela-sela pembukaan Rakor.

Syahrani menambahkan, kampanye rapat umum bagi parpol tidak bisa dipisahkan dari kampanye rapat umum calon Presiden dan calon Wakil Presiden.

Menurutnya, untuk parpol, serta Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, iklannya langsung dari KPU RI. Sementara untuk Calon Anggota DPRD Provinsi, jelas Syahrani Somadayo, bisa membuat iklan dengan menggunakan kocek pribadi. Sedangkan Calon Anggota DPD, masih kata Syahrani, dibiayai oleh KPU Provinsi.

Rakor ini diawali penyampaian materi dari Polda Malut yang berbicara tentang larangan kampanye dan penerbitan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), yang dipandu Komisioner Buchari Mahmud. Pada sesi awal ini cukup alot. Dimana 40 peserta pemilu tampak aktif berargumen di tahap tanya jawab.

Setelah itu, komisioner lainnya mengambil alih sesi penutupnya. Komisioner Pudja Sutamat yang memimpin sesi akhir rakor menjelaskan, untuk jadwal kampanye KPU Provinsi tidak akan mengeluarkan jadwal lagi. Menurutnya, seluruh jadwal kampanye mengikuti petunjuk yang sudah dikeluarkan oleh KPU RI. Pudja Sutamat menambahkan, untuk pemasangan iklan kampanye bagi Calon Anggota DPD pada media yang telah disiapkan oleh KPU Provinsi, diharapkan kepada seluruh Calon Anggota DPD agar segera memasukkan materi iklan sebelum tanggal 24 Maret 2019.

"Untuk kampanye rapat umum Pemilu 2019, dimulai serentak di seluruh provinsi di Indonesia pada tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019, dibagi untuk tiga media: Televisi; Radio; dan media cetak," kata Syahrani Somadayo, saat menutup rakor. (ZD/tim-hupmas/kpu-malut)

Read 83 times

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

link kpu
link bawaslu
link dkpp
link mk 5
ppid