Bakal Calon DPD Butuh 1000 Dukungan

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, malut.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara melaksanakan sosialisasi penyerahan syarat dukungan dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) bagi Bakal Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Malut pada Pemilu 2019, bertempat di Safirna Transito Hotel, Lingkungan Dacomib Ternate, Senin (26/3).

Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo membuka kegiatan sosialisasi ini. Hadir komisioner lainnya Buchari Mahmud dan Pudja Sutamat, serta Bakal Calon anggota DPD beserta operatornya masing-masing.

Syahrani menjelaskan, tentang banyaknya peminat dari masyarakat untuk menjadi Calon Anggota DPD pada Pemilu 2019, akan mempengaruhi jumlah dukungan bagi para calon anggota DPD. Syahrani mensinyalir akan terdapat banyak dukungan ganda dari para calon Anggota DPD tersebut. “Maka dari itu kita butuh sistem atau aplikasi untuk mengetahui jika ada kegandaan dukungan,” terangnya.

Dalam ketentuan untuk Provinsi Maluku Utara, syarat dukungan untuk Bakal Calon Anggota DPD paling sedikit 1.000 jiwa pemilih dukungan per bakal calon yang tersebar 50 persen di 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara atau paling sedikit 5 kabupaten/kota.

Komisioner KPU Malut Buchari Mahmud selaku Ketua Divisi Hukum menjelaskan, syarat dukungan dengan dilampiri KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan dari Disdukcapil.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Muksin Amrin menjelaskan tentang pengawasan terhadap proses verifikasi syarat dukungan Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Malut .

Muksin mengatakan, bagi para Bakal Calon anggota DPD apabila pada saat penyerahan syarat dukungan keputusan KPU tidak menerima Bakal Calon Anggota DPD bisa memproses ke Bawaslu Provinsi dengan memberikan rentang waktu 3 hari setelah keputusan dari KPU Malut.

Sosialisasi ini diakhiri dengan pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) kepada para operator dari Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Maluku Utara pada Pemilu 2019 oleh para operator SIPPP KPU Malut. (ZD/tim-hupmas/kpu-malut)

Read 118 times

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

link kpu
link bawaslu
link dkpp
link mk 5
ppid