DPS Pilgub Malut 763.266 Jiwa

Print Friendly Version of this pagePrint |Get a PDF version of this webpagePDF

Ternate, malut.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2018, Jumat  (16/03), di Hotel Grand Dafam Bela Ternate, di Jalan Jati Lurus 500, Kota Ternate.

Rapat yang dibuka pada pukul 21.00 WIT itu, dipimpin Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo, beserta anggota, Pudja Sutamat, Kasman Tan, dan Safri Awal.

Pleno ini dihadiri oleh ketua dan sekretaris Tim Kampanye untuk 4 pasangan calon  Gubernur dan Wakil Gubernur. Unsur Ketua KPU Kabupaten/Kota, Divisi Perencanaan dan Data, beserta operator sistem informasi data pemilih (Sidalih) turut mengikuti pleno penetapan itu.

“Ada trend penurunan data pemilih untuk beberapa kabupaten. Hanya Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dan Taliabu yang mengalami kenaikan. Gerakan coklit serentak nasional yang digelar KPU RI beberapa bulan lalu berhasil mendeteksi Kartu Tanda Penduduk (KTP-Red) ganda,” kata Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo, saat membuka rapat pleno.

Menurut Syahrani, data ini merupakan hasil pemutakhiran yang mendekati akurat, karena petugas mendatangai setiap rumah. Dia berharap, tidak ada warga yang tidak didata dalam pemutakhiran kali ini. “Khusus pemilih potensial non-KTP eletronik, rekap data by name yang sudah dihasilkan akan diserahkan ke instansi terkait, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk diverifikasi, apakah ada dalam data base atau tidak,” jelas Sayharani.

Hasil Rekapitulasi penetapan DPS untuk 10 Kabupaten/ Kota dibacakan langsung oleh masing-masing unsur ketua, yang disaksikan Ketua Bawaslu Provinsi Malut, Muksin Amrin, serta yang mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Malut.

Daftar Pemilih Sementara tingkat provinsi dalam Pemilihan Gubernur tahun 2018 sebanyak 763.266. Sedangkan jumlah pemilih potensial non KTP elektronik terdapat 152.404. Selanjutnya DPS diumumkan mulai 24 Maret 2018 di desa dan kelurahan seluruh wilayah Maluku Utara. (ZD/tim-hupmas/kpu-malut)

Read 138 times

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

link kpu
link bawaslu
link dkpp
link mk 5
ppid