Tentang Pemilu Legislatif

Ternate, malut.kpu.go.id - Sehubungan keputusan Mahkamah Konstitusi nomor 53/PUU-XV/2017 yang mengisyaratkan pelaksanaan verifikasi terhadap 12 partai politik lama, maka KPU RI menindaklanjuti dengan menerbitkan 2 Peraturan KPU yakni nomor 5 dan 6.

Menyikapi jadwal tahapan yang sempit, KPU Malut segera melakukan sosialisasi terkait dua peraturan tersebut yang dilaksanakan di Hotel Safirna, Jl Anggrek, Lingkungan Dakomib, Kota Baru, Ternate (28/1). Peserta kegiatan ini adalah ketua dan sekretaris partai politik calon peserta Pemilu 2019, anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Hukum, dan operator SIPOL.

Ketua KPU Provinsi Malut Syahrani Somadayo yang didampingi oleh seluruh komisioner dalam arahan singkatnya mengatakan “KPU akan menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tanpa melanggar undang undang,”.

Syahrani menambahkan, verifikasi parpol ini dilakukan sangat singkat karena adanya keterbatasan anggaran, sumber daya dan waktu.

Ternate, malut.kpu.go.id -Menyusuliputusan dari Bawaslu Republik Indonesia tertanggal 30 Desember 2017, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara melakukan verifikasi faktual kepengurusan, termasuk keterwakilan perempuan 30 persendalam kepengurusan dan keberadaan kantor untuk kedua partai yakni Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Bertempat di kantor Sekretariat Partai Berkarya, Jl Yusuf Marajabessy, RT 001 RW 03, Kelurahan Sofifi, Kec. Oba Utara dan di Sekretariat Partai Gerakan Perubahan (Garuda), Kel. Muhajirin, Ternate Tengah, Provinsi Maluku Utara 30/12, dilaksanakan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 tingkat provinsi Maluku Utara.

Ternate, malut.kpu.go.id – Setelah dilakukan verifikasi faktual kepengurusan dan domisili kantor terhadap dua partai politik tingkat provinsi pada Senin (18/12) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) melakukan rapat pleno penyampaian hasil verifikasi faktual pada Rabu (20/12) di Kantor KPU Malut.

Sebelumnya, verifikasi faktual kepengurusan dan domisili kantor terhadap dua partai politik yakni, Partai Solidaritas Indonesia (PS) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di Kelurahan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan (18/12).

Sesuai jadwal dan tahapan Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia tahapan verifikasi faktual untuk dua partai politik calon peserta pemilu 2019 yang lolos verifikasi administrasi oleh KPU RI di Maluku Utara pada gelombang pertama, yakni ada 2 partai politik, PSI dan Perindo yang selanjutnya dilakukan verifikasi faktual.

Ternate, malut.kpu.go.id - Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara serentak,tahapannya sudah dimulai di tahun 2017. Salah satunya tahapan dan programnya adalah sosialisasi tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Bertempat di Hotel Safirna Transito Ternate Sabtu (9/12) digelar sosialisasi tahapan penyelenggaraan pemilu 2019 dengan peserta partai politik peserta Pemilu 2014 dan sembilan partai politik putusan Bawaslu, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, instansi terkait dan media massa.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara, Syahrani Somadayo beserta komisioner lainnya Buchari Mahmud, dan Kasman Tan, serta Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin sebagai narasumber.

<< Start < Prev 1 2 3 Next > End >>
Page 1 of 3

KOMISIONER DAN SEKRETARIS KPU PROVINSI MALUKU UTARA

link kpu
link bawaslu
link dkpp
link mk 5
ppid