Berita

Minggu, 01 Desember 2019 19:23

Launching Pilkada 2020 dan Rumah Pintar KPU Kabupate Halmahera Utara

WhatsApp Image 2019 12 01 at 18.31.38

Tobelo, malut.kpu.go.id-KPU Provinsi Maluku Utara—Tifa dan gendang bersahutan mengiringi tarian cakalele di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jalan Kawasan Pemerintahan Tobelo, di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Sabtu (30/11). Tarian cakalele yang dipersembahkan Sanggar Hibualamo, itu merupakan bagian dari rangkaian acara peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, serta peresmian Rumah Pintar.

Dua kegiatan yang dilaksanakan tersebut diluncurkan dan diresmikan secara terpisah. Komisioner KPU Provinsi Maluku Utara (Malut), Mohtar Alting, meresmikan Rumah Pintar KPU Halut, dengan seremoni pengguntingan pita. Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halut, Fredy Tjandua, meluncurkan Pilkada Serentak 2020 dengan menekan tombol sirine.

Dalam sambutannya, Mohtar Alting, menjelaskan konsep hibualamo dapat menjadi perekat perbedaan dalam Pilkada nanti. Sekedar diketahui, hibualamo adalah sebuah budaya di Halut yang telah mengakar sejak ratusan tahun—dimana persaudaraan antar sesama menjadi nilai luhur yang wajib dijunjung tinggi. “Saya berharap Pilkada Serentak 2020 berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar,” ujar Mohtar Alting.

Mohtar juga menyinggung soal Rumah Pintar. Menurutnya, informasi apapun tentang Pemilu, baik soal regulasi maupun peraturan serta tahapan-tahapan Pemilu sudah disajikan di Rumah Pintar. “Rumah Pintar harus dimanfaatkan sebagai pusat informasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Halut, Muhammad Rizal, yang juga memberikan sambutan, memiliki sejumlah harapan. Salah satunya yakni soal partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 nanti. “Saya berharap partisipasi pemilih lebih meningkat dibanding Pilkada sebelumnya,” ucap Muhammad Rizal.

Dalam kegiatan tersebut  Mohtar Alting didampingi Sekretaris KPU Provinsi Malut, Mukmin Buamona dan dua staf lainnya. Seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Halut turut pula hadir dalam acara ini.  Ketua KPU Kota Ternate, Komisioner KPU Kota Tidore Kepulauan, berikut masing-masing stafnya juga menghadiri kegiatan tersebut. (ZD)

Baca 29 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di provinsi Maluku Utara

Alamat : Jl. Anggrek No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon : (0921) 3125957

Pengunjung

Hari ini 2

Pekan ini 213

Bulan ini 642

Total 2849

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2019 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.