Berita

Rabu, 02 Januari 2019 05:36

Jamin Keutuhan Kotak Suara Kardus Aman

Ternate, malut.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) jamin keutuhan kotak suara yang terbuat dari bahan karton tahan kedap air atau kardus. Keyakinan KPU ini karena kotak suara berbahan kardus bukan kali pertama diterapkan.

Syahrani Somadayo, Ketua KPU Malut menjelaskan, sudah empat kali Pemilu dan Pilkada, sejak Pemilu 2014, Pilkada 2015, 2017 dan 2018 menggunakan kotak suara kardus. "Sudah empat kali pemilihan kita gunakan kotak suara karton tahan kedap air, tapi tidak ada masalah. Karena itu, kita yakin tidak masalah," katanya. 

Dikatakan, kotak suara kardus yang viral dipermasalahkan bernuansa politis. Menurutnya, Pemilu bermasalah bukan disebabkan oleh kotak suara, melainkan manusianya. "Biar kotak suara terbuat dari besi tapi kalau mau dibongkar tetap saja terbongkar.  Jadi, ini hanya dipolitisir," ucapnya. 

Lanjut Syahrani, pihaknya tidak bisa menawarkan kotak suara yang terbuat dari besi karena pengadaan kotak suara langsung dari KPU RI. "Kotak suara yang buat itu KPU RI, bukan kami.  Dan kami yakin kotak suara ini tidak masalah dari aspek keutuhannya," akunya. 

Dia juga menyampaikan bahwa sebagian logistik Pemilu, termasuk kotak suara sudah ditangan KPU kabupaten/kota. "Jadi sudah selesai,"tukasnya.(tim-hupmas/kpu-malut)

Baca 152 kali

KPU Provinsi Maluku Utara

Adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu, khususnya di provinsi Maluku Utara

Alamat : Jl. Anggrek No. 9, Dacomib, Kota Baru, Ternate Tengah, Kota Ternate 97731

Telepon : (0921) 3125957

Pengunjung

Hari ini 8

Pekan ini 34

Bulan ini 34

Total 10887

Polling

Bagaimana tampilan website KPU Malut saat ini?
© 2020 KPU Provinsi Maluku Utara. All Rights Reserved.